Sunday, July 25, 2010

Perkiraan Perkembangan IT di Masa Depan


Berbicara tentang IT (Information Technology) atau yang biasa kita kenal dengan Teknologi Informasi, ada baiknya kita perlu tahu terlebih dahulu pengertian tentang IT itu sendiri. Apa yang dimaksud dengan IT itu sebenarnya? Apakah IT itu harus selalu identik dengan komputer?. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering terlontar ketika kita berbicara tentang IT. Ada berbagai definisi tentang IT yang bisa kita temukan di luar sana dan beberapa di antaranya ialah:

"Haag den Keen (1996), Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi."

"Martin (1999), Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
"

"Williams dan Swayer (2003), Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video."

Maka, dari beberapa pengertian diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa IT tidak selalu terkait dengan komputer, teknologi komunikasi pun termasuk dalamnya atau dengan kata lain kita dapat menyebutkan bahwa teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi.

Kembali ke topik utama kita tentang perkiraan perkembangan It yang akan terjadi di masa depan. Saya tidak akan berpikir terlalu jauh kedepan menanggapi topik ini, saya hanya akan membahas kira-kira akan seperti apa perkembangan dunia IT nantinya dengan berdasarkan pada isu-isu seputar dunia teknologi akhir-akhir ini.


  • Wireless
Ya, saya memperkirakan bahwa nantinya semua perangkat IT akan mengadaptasi teknologi ini. teknologi wireless semakin berkembang akhir-akhir ini. penggunaan kabel-kabel yang di anggap "mempersulit" akan semakin tereliminasi dengan adanya teknologi wireless. Salah satu teknologi wireless yang populer di masa ini ialah WiMAX yang "dianggap" sebagai penerus dari teknologi wireless sebelumnya, yaitu WiFi.

  • Global Warming
Isu global warming yang semakin marak belakangan ini juga mempengaruhi dunia IT sekarang ini. hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya vendor-vendor dan perusahaan-perusahaan IT yang mengadopsi Green Computing. Produsen perangkat elektronik pun berlomba-lomba untuk menghasilkan perangkat-perangkat IT yang ramah terhadap lingkungan. Hal ini bisa saya lihat ketika saya menghadiri suatu event Teknologi Informasi dimana banyak produsen-produsen IT Solution yang mengkampanyekan Go Green yang di adaptasikan pada perangkat-perangkat teknologi yang di gunakan/hasilkannya. Dengan ini saya bisa memperkirakan, ketika isu Global Warming in imakin marak, maka pernagkat-perangkat elektronik yang akan di produksi masa datang akan semakin ramah lingkungan dengan performance yang semakin baik.

  • Downsizing
Isu ini juga menarik untuk kita lihat. Jika kita perhatikan salah satu contoh teknologi yang mengalami downsizing ialah pada perangkat TV. Hal ini bisa dibuktikan dari bentuk TV yang sekarang sudah "semakin tipis". Terbatasnya ruangan ini memicu perkembangan IT untuk menciptakan perangkat dan teknologi yang berukuran "kecil" tapi tidak mengurangi performa bahkan bisa melebihi performa dari perangkat atau teknologi yang berukuran "besar". Dengan adanya isu ini, saya memperkirakan nantinya teknologi serta perangkat-perangkat IT yang akan kita gunakan nantinya akan semakin berukuran "kecil" dengan kemampuan yang semakin "besar" tentunya.

  • Networking - Kebutuhan Bandwith yang semakin besar
Dengan semakin berkembangnnya teknologi sekarang ini, kita bisa melihat bahwa kebutuhan bandwith dari setiap pengguna teknologi informasi semakin meningkat. Sifat manusia yang tidak pernah puas akan apa yang telah di perolehnya membuat para pengembang teknologi pun semakin berpikir keras untuk memuaskan para pelanggannya. Kita bisa lihat bahwa semakin banyak perusahaan maupun individu-individu pengguna teknologi informasi yang memerlukan data transfer yang reliabel. Hal ini dibuktikan dengan adanya teknologi fiber optic yang menggantikan koneksi jaringan dengan teknologi coaxial yang memiliki rate data transfer yang lambat. Nantinya, di masa depan teknologi ini pun bisa tergantikan dengan teknologi yang lebih baik lagi.


sumber:

No comments:

Post a Comment