Thursday, July 22, 2010

Kemana setelah menjadi sarjana IT?


Inilah pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh orang tua kepada anak-anaknya yang sedang menjalani kegiatanya sehari-hari sebagai seorang mahasiswa jurusan IT. Yap, dan sekarang, saya harus menuliskan tentang apa yang akan saya lakukan ketika saya lulus sarjana nanti. Sebenarnya saya juga masih bingung "akan kemana saya" setelah menyelesaikan jenjang perkuliahan ini. Kalau ditanya soal cita-cita, saya akan dengan senang hati menjawab, PILOT! dan pertanyaan berikutnya yang akan muncul dari kawan-kawan seperjuangan adalah "Trus ngapain loe ngambil jurusan IT?". Saya hanya bisa tersenyum dan menjawab,"Allah SWT punya jalan lain buat gue".

Sebenarnya saya mulai tertarik dengan IT semenjak saya masih SMP (seingat saya). Saya sangat terkesima dengan peralatan elektronik yang di kenal dengan nama KOMPUTER. Masuk jenjang SMA, saya masih berusaha untuk menggapai cita-cita untuk menjadi seorang pilot, tapi karena memang bukan jalan saya, maka saya memutuskan untuk menekuni bidang IT, bidang yang saya minati selain penerbangan. Saat itu, saya cukup beruntung, karena walaupun SMA saya terletak di tempat yang "agak" terpencil, tapi mereka mempunyai akses komputer dengan layanan internet yang cukup memadai. Dari sinilah keinginan saya untuk lebih menekuni bidang IT menjadi lebih besar. Waktu itu saya terobsesi dengan figur seseorang yang sangat fenomenal di dunia IT bernama Kevin Mitnick. Ya, beliau merupakan seorang "pakar" dalam bidang komputer, terutama pada waktu itu, pada sisi "Cybercrime" yang dilakukannya. Saya bukannya menyukai tindakan kriminal yang dilakukannya, tapi "caranya" dalam melakukan hal tersebutlah yang membuat saya kagum. Akan tetapi, setelah menginjak lingkungan perkuliahan, pikiran saya lebih terbuka tentang dunia IT itu sendiri, yang akhirnya membuat saya memilih jurusan Networking daripada Programming.

Jadi, sekarang saya mlai bisa memperkirakan akan kemana saya setelah saya lulus kuliah nanti. Tentunya, jika tidak terhalang oleh keadaan, saya masih ingin melanjutkan pendidikan saya dan lebih mendalami ilmu di bidang IT terutama Networking. Saya sangat ingin memperoleh gelar S2 bahkan S3, dan juga gelar-gelar "bergengsi" lainnya dalam dunia Networking, seperti CCNA, CCNP, CCIE dan sejenisnya. Selain ingin benar-benar mendalami bidang saya senangi, hal ini juga saya harapkan agar bisa lebih membuka kesempatan saya di dunia kerja nantinya. Kesimpulannya, jika saya masih diberikan kesempatan serta rezeki yang cukup, saya memilih untuk melanjutkan pendidikan saya dari pada langsung terjun di dunia kerja, karena hal inilah yang menjadi salah satu tolak ukur seorang profesional di bidang yang di tekuninya.

1 comment: