Wednesday, July 21, 2010

Istilah-istilah dalam dunia IT


Kali ini saya akan memberikan contoh tentang istilah-istilah yang sering di gunakan di dalam dunia IT, khususnya istilah-istilah yang sering di temukan pada major networking.




  • VSAT
Very Small Aperture Terminal, merupakan sebuah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kutang dari tiga meter, fungsi untama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. satelit akan berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. Sebenarnya piringan VSAT tersebut menghadap ke sebuah sataelit geostasioner. satelit geostasioner merupakan satelit yang selalu berada ditempat yang sama sejalan degan perputaran bumi pada sumbunya yang dimungkinkan karena mengorbit pada titik yang sama diatas permukaan bumu, dan mengikuti perputaran bumi pada sumbunya.
  • Router
Sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. alat ini berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringa ke jaringan lainnya.
  • RIP
Routing Information Protocol, termasuk dalam dynamic routing protocol yang di gunakan pada local dan wide area network. protokol ini mengunakan algoritma distance vector routing dimana protokol ini menggunakan hop count sebagai routing metric. RIP dapat mencegah routing loops dengan mengimplementasikan sebuah batasan pada jumlah hop yang di perbolehkan di dalam sebuah jalur dari sumber ke tujuan.
  • WiMAX
Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (Broadband Wireless Access) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. pengertian lebih sederhananya, WiMAX merupakan perkembangan teknologi WiFI. yang membedakan antara WiMAX dengan WiFI adalah standar teknis ayng digunakan di dalamnya. Jika WiFI menggunakan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Institute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX menggunakan standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN
  • VPN
Virtual Private Network, merupakan sebuah teknologi jaringan yang menggunakan infrastruktur telekomunikasi public, seperti Internet, untuk menyediakan layanan remote office/user dengan akses yang aman ke jaringan organisasi mereka. teknologi ini bertujuan untuk mengurangi biaya yang digunakan sebuah organisasi untuk mengkoneksikan komputer ke jaringan organisasi yang tadinya menggunakan teknologi leased line dan atau dial-up line yang notabene mempunyai opertaional cost yang lebih mahal

sumber:
http://wikipedia.com

No comments:

Post a Comment