Sunday, June 12, 2011

Perubahan yang di inginkan dalam 5 tahun kedepan

Sebelum berbicara tentang perubahan yang saya inginkan, pertama-tama saya ingin membahas suatu masalah yang sering kita hadapi sekarang, yaitu masalah penghematan energi. Kita tahu bahwa sekarang tengah marak berbagai organisasi sosial yang menyuarakan kepeduliannya terhadap energi karena banyaknya orang yang semakin tidak peduli dengan penghematan energi ini. Hal tersebut menimbulkan masalah pemanasan global, yang telah sering kita dengar akan dampaknya terhadap lingkungan kita, seperti bertambah panasnya temperatur lingkungan karena menipisnya lapisan ozon, dan bencana alam yang dapat diakbatkan oleh pemanasan global tersebut.

Hal ini di sebabkan oleh lalainya kita sendiri dalam penghematan energi. Contoh yang sering sekali terjadi ialah, lupa mematikan AC, membiarkan lampu menyala pada saat yang tidak dibutuhkan, dan sebagainnya. Memang hal tersebut hanya merupakan hal-hal yang kecil, akan tetapi jika hal-hal tersbut dilakukan oleh jumlah orang yang banyak, tentu saja hal ini dapat menimbulkan masalah yang signifikan. Hal ini tidak hanya terjadi dalam lingkungan rumah, akan tetapi juga hal ini sering di temukan di perkantoran, bahwa banyak kantor-kantor yang tidak mengontrol penggunaan energinya sehingga menyebabkan pemborosan baik dalam hal energi maupun biaya.

Dari hal tersebut, saya menginginkan ada perubahan dalam 5 tahun kedepan akan hal ini. Dengan semakin berkembangnya teknologi sekarang ini, masalah ini dapat diminimalisir. Bayangkan jika anda dapat mengontrol pemakaian listrik anda melalui perangkat mobile, seperti handphone/smartphone. Dengan adanya remote akses terhadap kontrol energi pada rumah maupun kantor, hal ini dapat mengurangi pemakaian daya sampai 30%. Hal ini pun dapat memudahkan anda untuk mengontrol pemakaian listrik secara mobile. Misalnya, anda lupa mematikan AC atau lampu di rumah, anda akan mendapatkan alert yang akan masuk pada handheld mobile anda sehingga anda pun dapat mematikannya secara remote melalui handheld anda tadi. Hal seperti ini sudah muali di terapkan di beberapa negara maju, diantaranya Amerika, Inggris, Jepang serta Korea.

Diharapkan dengan adanya perubahan tersebut, kita bisa menghemat penggunaan energi baik secara personal maupun secara organisasi. Marilah kita mulai untuk memperhatikan lingkungan kita yang semakin rapuh. Go Green!!!!.

No comments:

Post a Comment